WELLCOM TO MY BLOG

Senin, 18 Maret 2013

Perkembangan Internet di Indonesia Tahun 2012

Perkembangan Internet di Indonesia Tahun 2012

Kini, berbagai negara di seluruh penjuru dunia tengah berjalan memasuki suatu era baru yang disebut era globalisasi. Era globalisasi merupakan suatu era di mana batas-batas geografi antarnegara tidak lagi menjadi hambatan dalam proses komunikasi dan interaksi antarindividu. Hal ini semakin nyata terjadi apabila kita kaitkan dengan adanya internet. Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Internet ialah suatu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang dihubungkan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya internet ini tentu akan semakin memudahkan proses “globalisasi” di dunia.
            Semenjak awal kemunculannya pada tahun 1969 sebagai proyek ARPANET Departemen Pertahanan Amerika Serikat, internet telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak terkecuali di Indonesia. Bahkan di Indonesia, penetrasi PC dan teknologi internet sudah berlangsung cukup lama. Sehingga internet tidak lagi dianggap sebagai suatu hal yang eksklusif. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet. Terlebih lagi dengan adanya berbagai layanan akses internet dengan harga yang cukup terjangkau yang disediakan oleh berbagai operator telepon seluler. Walaupun di sisi lain, masih ada operator yang kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar pengguna internet membayar lebih mahal. Namun, berbagai masalah tersebut tidak dapat menutupi fakta bahwa perkembangan internet di Indonesia telah semakin pesat dari waktu ke waktu.
Pesatnya perkembangan internet di Indonesia dapat dibuktikan dengan hasil dari berbagai survei yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga survei, baik dalam skala nasional maupun internasional. Menurut data terbaru dari situs internetworldstats Indonesia menempati peringkat 11 dengan total penduduk kurang lebih 245,6 juta dengan 39,6 juta yang menjadi pengguna internet. Angka ini tentu merupakan angka yang cukup besar bagi negara kita. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak keseluruhan pengguna internet tersebut memanfaatkan internet dengan bijak dan pintar. Hal ini dikarenakan masih kerap terjadi berbagai kejahatan di dunia maya (cybercrime). Misalnya pernah kita dengar berbagai kasus penculikan yang berawal dari situs jejaring sosial, tindak penipuan, hacking dan cracking, perjudian melalui dunia maya, pelanggaran hak cipta, maupun berbagai situs yang “menjajakan” pornografi. Tingginya angka pengguna internet di Indonesia tersebut tentu akan semakin bernilai ketika para pengguna internet dapat memanfaatkan internet dengan bijak.
Sementara itu, tak lengkap rasanya apabila kita membicarakan perkembangan internet di Indonesia pada tahun 2012 tanpa mengupas mengenai fenomena situs jejaring sosial yang semakin marak beberapa tahun belakangan. Bahkan tak menutup kemungkinan fenomena ini masih akan terus mewabah hingga beberapa tahun ke depan. Masyarakat Indonesia yang pada dasarnya dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan responsif memiliki kecenderungan untuk memanfaatkan berbagai situs jejaring sosial tersebut sebagai wadah ekspresi dan aktualisasi diri mereka. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil laporan resmi Facebook dari tahun ke tahun, dimana jumlah pengguna Facebook mengalami peningkatan sebesar 200 hingga 250 juta per tahunnya.  750 juta pengguna pada Februari 2011 meningkat menjadi 845 juta pada bulan Februari 2012. Dari jumlah tersebut, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia sendiri mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sejak Januari 2012 dengan jumlah pengguna 41.777.240.
Bahkan ke depan pengguna Facebook Indonesia masih akan terus bertambah seiring dengan harga smartphone yang semakin terjangkau dan pertumbuhan pengguna internet yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Seperti yang diberitakan Kompas.com pada 28 Oktober yang lalu bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2011 sudah mencapai 55 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta.  Dari jumlah tersebut 29 juta diantaranya adalah mobile internet user.
Berbicara mengenai situs jejaring sosial, tentu kita akan teringat dengan twitter. Twitter merupakan situs jejaring sosial yang tengah hot di masyarakat Indonesia saat ini. Kini, kicauan-kicauan masyarakat Indonesia semakin nyaring terdengar gaungnya. Bahkan tak jarang kata kunci (keyword) yang berasal dari Indonesia menjadi trending topic secara global. Tentu, kita semua penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Hasil survei berikut ini mungkin dapat sedikit menjawab rasa penasaran kita semua. Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Perancis, jumlah pemilik akun twitter di Indonesia merupakan yang terbesar kelima di dunia. Indonesia berada di posisi kelima dnegan jumlah akun 19,5 juta. Posisi pertama ditempati oleh Amerika Serikat dengan 107,7 juta, posisi kedua diraih oleh Brazil dengan 33,3 juta, sedangkan posisi ketiga dan keempat berturut-turut diduduki oleh Jepang dan Inggris Raya dengan 29,9 juta dan 23,8 juta akun.
Dikutip dari PC Mag, Kamis, 2 Februari 2012, hasil riset ini dilakukan terhadap 383 juta akun yang dibuat sebelum tahun 2012, dengan memperhitungkan kriteria seperti lokasi yang disebutkan dalam profil, zona waktu, bahasa yang digunakan saat mengirim tweet, serta lokasi GPS. Selain dari segi jumlah akun, pengguna twitter di Indonesia juga lebih aktif dari rata-rata pengguna lain di dunia. Selama 1 September hingga 30 November 2011, hanya 27 persen akun di seluruh dunia yang 'nge-tweet' setidaknya satu kali dalam periode ini, sementara di Indonesia mencapai 28 persen.
Berbagai hasil survei dan laporan di atas tentu semakin mempertegas pesatnya perkembangan internet di Indonesia dari waktu ke waktu, khususnya pada tahun naga ini. Pesatnya perkembangan internet di tahun 2012 ini tentu memberikan peluang bisnis yang bagus bagi para pengusaha, khususnya dalam hal bisnis online. Di samping itu, pesatnya perkembangan internet di tahun ini juga membuka peluang bagi perkembangan internet marketing atau e-marketing di Indonesia. Akan tetapi, semua peluang tersebut hanya akan menjadi buah bibir atau omong kosong belaka jika tidak disertai dengan kerja nyata untuk mentransformasikannya menjadi keuntungan yang menjanjikan.
Nah, apakah sudah terlintas di benak kamu bagaimana cara memanfaatkan pesatnya perkembangan internet tersebut? Jika sudah segeralah bertindak. Ingat “mimpi yang indah hanya akan menjadi mimpi belaka, jika kamu tidak bangun dan mewujudkannya”. Namun, jika kamu belum memiliki ide, jangan khawatir karena ide itu sebenarnya sangat banyak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar